Senin, 11 November 2019



PENGOBATAN TRADISIONAL PADA PASIEN DENGAN DIAGOSA OSTEOPOROSIS
DI SUSUN OLEH : DEAN REX AZRIEL TELUAMBANUA (180204039)

Pengertian : Osteoporosis adalah kondisi saat kualitas kepadatan tulang menurun. Kondisi ini membuat tulang menjadi keropos dan rentan retak. Osteoporosis umumnya baru diketahui setelah ditemukan retak pada tulang, setelah pasien mengalami jatuh ringan. Retak pada pergelangan tangan, tulang pinggul, dan tulang belakang adalah kasus yang paling banyak ditemui pada penderita osteoporosis. 
Penderita : Di Indonesia, sebanyak 23 persen wanita berusia 50-80 tahun dan 53 persen wanita berusia 70-80 tahun mengidap osteoporosis, berdasarkan hasil penelitian pada tahun 2006. Risiko wanita mengidap osteoporosis empat kali lebih besar dibandingkan dengan risiko pada pria. Meski umumnya osteoporosis dialami oleh wanita yang telah memasuki masa monopause, osteoporosis juga dapat terjadi pada pria, wanita yang  berusia lebih muda, dan anak-anak. Kekurangan kalsium diperkirakan menjadi penyebab kasus-kasus osteoporosis di Indonesia.
Gejala : Umumnya tidak ada tanda-tanda terjadinya osteoporosis di awal masa menurunnya kepadatan tulang. Namun beberapa kondisi berikut dapat menjadi gejala terjadinya osteoporosis, antara lain sakit punggung, postur tubuh bungkuk, menurunnya tinggi badan, lebih sering mengalami cedera/keretakan tulang. Berkurangnya kepadatan dapat membuat tulang rentan untuk retak. Keretakan biasanya terjadi pada tulang belakang, pergelangan tangan, lengan, atau tulang pangkal paha.
Pengobatan : Pengobatan yang dijalani pasien osteoporosis secara garis besar terbagi menjadi dua, yaitu pengobatan yang bersifat nonhormon dan hormon. Pengobatan nonhormon meliputi pemberian kalsium dan suplemen vitamin D, bisphosphomate, dan strontium ranelate. Pengobatan hormon meliputi pemberian SERMs, terapi penggantian hormon, testosteron, hormon paratiroid, dan kalsitonin.

  • Pengertian Pengobatan Tradisional

Obat tradisional adalah obat-obatan yang diolah secara tradisional, turun-temurun, berdasarkan resep nenek moyang, adat-istiadatkepercayaan, atau kebiasaan setempat, baik bersifat magic maupun pengetahuan tradisional. Menurut penelitian masa kini, obat-obatan tradisional memang bermanfaat bagi kesehatan, dan kini digencarkan penggunaannya karena lebih mudah dijangkau masyarakat, baik harga maupun ketersediaannya. Obat tradisional pada saat ini banyak digunakan karena menurut beberapa penelitian tidak terlalu menyebabkan efek samping, karena masih bisa dicerna oleh tubuh. 

  • 5 tanaman herbal yang bermanfaat untuk kesehatan tulang dan mencegah osteoporosis:

- Wild pigweed merupakan salah satu herbal yang mengandung kalsium yang mudah dicerna tubuh. Tanaman herbal ini lezat untuk dimakan jika dikukus atau dimasak dengan cara yang sama ketika Anda memasak bayam. Selain lezat, Anda juga akan mendapatkan asupan kalsium tinggi yang bermanfaat untuk menguatkan tulang sehingga mengurangi risiko osteoporosis.


-Anda dapat mengukus beberapa daun dandelion bersama dengan kol, atau hanya daun dandelion saja. Daun dandelion terkenal akan kelezatannya. Namun pastikan untuk mendapatkan daun dandelion yang bebas dari pestisida. Daun dandelion mengandung kadar boron tinggi yang dapat meningkatkan kapadatan tulang.

-Anda dapat membuat jus daun alfafa untuk memberikan nutrisi pada tulang dan meningkatkan kesehatan tubuh secara keseluruhan. Caranya sangat mudah, campurkan daun alfafa dengan beberapa herbal di atas, tambahkan pisang atau segenggam blueberi untuk menambahkan rasa manis pada jus herbal yang akan Anda buat.

-Anda bisa menyeduh horsetail kering sebagai teh herbal atau memasukkan herbal ini ke dalam kapsul dan meminumnya 1-2 kapsul setiap hari. Herbal horsetail telah digunakan sejak jaman Yunani kuno untuk mengobati perdarahan dan luka pada saluran pencernaan (stomach ulcers). Hasil penelitian modern menunjukkan bahwa horsetail mengandung silikon, zat yang bermanfaat untuk melindungi tulang dari kehilangan kalsium.
-Red clover bisa mengganti estrogen yang hilang. Tanaman herbal ini mengandung isoflavon yang bisa merangsang produksi estrogen pada tubuh perempuan. Selain itu, konsumsi red clover sebelum menopause bisa mencegah terjadinya menopause dini dan menurunkan risiko kehilangan kalsium setelah menopause. 
  • Atasi Osteoporosis Dengan Mengkudu
tulang yang kuat Kini ada cara mudah untuk membuat tulang kuat dan terhindar dari osteoporosis, salah satunya dengan mengonsumsi buah mengkudu. Praktisi herbal, Slamet Birodin menjelaskan osteoporosis atau tulang keropos merupakan kondisi progresif saat tulang menjadi lemah sehingga secara struktural lebih mungkin untuk fraktur atau patah. Kondisi ini terjadi ketika tubuh kehilangan unsur penyusun tulang lebih cepat daripada zat pembentuk tulang baru. Seiring waktu, ketidakseimbangan antara kerusakan tulang dan pembentukan tulang menyebabkan masa tulang menurun, sehingga tulang lebih mudah patah. Siapa yang berisiko menderita penyakit osteoporosis? Penyakit ini biasanya lebih mudah menyerang saat memauski usia 50 tahun. Pada usia tersebut masa tulang lebih cepat menurun. Selain itu  perempuan lebih beresiko terkena osteoporosis. “Karena menopause yang biasanya terjadi pada wanita usia 40-an atau 50-an, secara dramatis meningkatkan kecepatan keropos tulang, itulah yang menyebabkan osteoporosis pada wanita cenderung lebih tinggi dibandingkan pria," ujar dia saat ditemui Harian Jogja, di tokonya Jl.Bakri, Sanggrahan, Condongcatur, Depok, Sleman, Minggu (27/5). Mengkudu yang memiliki aroma tidak sedap ini ternyata dapat dijadikan herbal alternatif untuk mengatasi masalah tulang. Tumbuhan ini mempunyai daun yang bersusun berhadapan. Bunganya berbentuk bungan bongkol yang kecil dan berwarna putih. Secara fisik mengkudu mudah dikenali. Buahnya berwarna hijau mengkilap dan berbentuk lonjong, sedangkan bijinya banyak dan terdapat dalam daging buah. Buah yang telah masak umumnya mempunyai aroma yang kurang sedap.Meski bentuk fisik kurang menarik, mengkudu kaya akan kandungan morinda diol, morindone, morindin, damnacanthal, metil asetil, asam kapril dan sorandiyiol. Efek farmakolog inilah yang diyakini dapat meningkatkan kekuatan tulang. Cara konsumsinya pun mudah. Yakni dengan menjadikannya minuma jus.  Anda juga bisa menambahkan dengan madu sebagai penguat rasa. Alternatif lain, dapat dengan mengonsumsi teh herbal mengkudu produk Tazakka yang merupakan teh alami yang terbuat dari herbal buah mengkudu. Diolah secara higienis dari buah mengkudu pilihan, dan menjaga kemasan kesegaran maupun kenikmatan rasanya. Produk ini tidak beraroma yang menyengat. Cara membuatnya seperti membuat teh celup pada umumnya. Slamet menambahkan, produk teh mengkudu ini dapat dikonsumsi setiap saat, karena tidak memiliki efek samping, semua bahannya berasal dari herbal. Namun disarankan bagi ibu hamil sebaiknya tidak terlalu sering mengomsumsinya, karena dikhawatirkan dapat mempengaruhi janin.

  • Khasiat Daun Sendok untuk Osteoporosis
Secara tradisional daun sendok dikenal sebagai terapi untuk pengobatan luka dan peradangan . Diketahui bahwa daun sendok atau Plantago major memiiki khasiat anti inflamasi yang setara dengan NSAID. Yang tidak banyak dipahami adalah khasiat daun sendok untuk atasi pengeroposan tulang. Khasiat daun sendok ini sebenarnya sudah diungkap dalam Asian Journal of Pharmaceutical and Clinical Research tahun 2012. Daun sendok rupanya tidak hanya berkhasiat membantu menstimulasi pembentukan sel tulang baru dan meningkatkan daya serap tubuh terhadap kalsium. Tetapi daun sendok juga membantu meredakan nyeri  tanpa mengganggu kinerja regenerasi sel tulang.

  • Khasiat Daun Baru Cina untuk Resep Herbal Osteoporosis

Daun baru cina atau dikenal pula dengan sebutan mugwort adalah jenis tanaman perdu liar yang acapkali kita anggap sebagai hama. Daun barucina lazim ditebas dan dibuang begitu saja, tanpa menyadari tingginya khasiat dari tanaman yang selintas mengingatkan kita dengan tanaman kenikir ini. Ada banyak khasiat dari daun barucina untuk resep herbal osteoporosis. Hal tersebut telah diungkap dalam buku bertajuk Healthy Bones & Joints: A Natural Approach to Treating Arthritis, Osteoporosis, Tendinitis, Myalgia & Bursitis karangan David Hoffmann tahun 2017. Besar dugaan ini dapat dikaitkan dengan kemampuan daun barucina mempengaruhi keseimbangan hormonal. Terdapat kandungan fitoestrogen dalam daun barucina dan kemampuannya menyeimbangkan kadar hormonal. Khasiat daun barucina ini berperan dalam tubuh membantu menstimulasi perbaikan kondisi hormonal pasca menopause. Ini secara tidak langsung berperan memperbaiki kemampuan tubuh menyerap kalsium dan memperbarui kondisi tulang.
  • Manfaat Daun Gandarusa untuk Resep Herbal Osteoporosis
Dalam pengobatan tradisional, minyak yang diperoleh dari pengolahan daun gandarusa acapkali dimanfaatkan untuk terapi pijat keseleo hingga terapi patah tulang. Diketahui umum, bahwa ekstrak daun gandarusa digunakan pula untuk ramuan sangkal putung. Dipercaya daun gandarusa akan membantu memperbaiki kerusakan tulang, termasuk ketika terjadi cidera tulang seperti patah atau retak. Terapi ini mempercepat penyembuhan cidera dan menyambung kembali bagian tulang yang patah, retak atau terlepas. Dalam riset yang diadakan di University of Malaysia tahun 2015 dijelaskan adanya potensi ekstraksi daun gandarusa untuk mempercepat proses pembentukan sel tulang baru. Ini yang mungkin menjadi alasan bagaimana terapi daun gandarusa membantu mempercepat penyembuhan cidera tulang. Alasan yang sama yang menyebabkan daun gandarusa juga dipercaya baik untuk resep herbal osteoporosis.

  • Herbal Kulit Manggis Ampuh Untuk Osteoporosis
Osteoporosis adalah salah satu penyakit yang paling ditakuti oleh kaum ibu-ibu,tetapi dengan hadirnya herbal dahsyat kulit manggis yang mampu sembuhkan penyakit osteoporosis semoga dapat berguna dan bermanfaat untuk penderita osteoporosis. Osteoporosis adalah penyakit tulang yang mempunyai sifat-sifat khas berupa massa tulang yang rendah, disertai mikro arsitektur tulang dan penurunan kualitas jaringan tulang yang dapat akhirnya menimbulkan kerapuhan tulang.  Kepadatan tulang berkurang secara perlahan (terutama pada penderita osteoporosis senilis), sehingga pada awalnya osteoporosis tidak menimbulkan gejala. Beberapa penderita tidak memiliki gejala. Jika kepadatan tulang sangat berkurang sehingga tulang menjadi kolaps atau hancur, maka akan timbul nyeri tulang dan kelainan bentuk. 

Xamthone plus obat herbal osteoporosis terbuat dari manggis. Manfaat manggis untuk otot dan tulang Zaman dahulu , masyarakat asia tenggara sudah merasakan manisnya buah manggis yang istimewa itu. Rasanya yang lezat bukan hanya berperan sebagai pemanis di mulut, tetapi juga menyembuhkan penyakit disentri, peradangan, nyeri, dll.

Otot dan Tulang memiliki masalah yang sama, yakni peradangan. Hormon prostaglandin penyebab rasa nyeri dan peradangan .

Tahun 1981 saya mengalami cedera punggung. Dua puluh tahun saya terapi chiropractic, namun rasa nyeri tetap ada. Suatu ketika saya mersakan jus manggis dan ini awal perubahan kesehatan, hidup dan pekerjaan saya.Saya rekomendasikan para pasien saya dan hasilnya menakjubkan. Sekarang saya sudah terbebas dari obat-obatan kimiawi dan sepenuhnya lepas dari rasa nyeri yang saya derita sepanjang 21 tahun terahir. Buah manggis pencegah penyakit yang sempurna.






Tidak ada komentar:

Posting Komentar